Serius itu…

“Tak ada sesuatu yang lebih tinggi maknanya saat hal-hal penting dilakukan kecuali kau bilang ‘SERIUS’…”

Berkomunikasi dengan teman dan keluarga (orang lain) sudah pasti jadi kebutuhan pribadi seseorang di belahan dunia manapun. Terlepas dari karakter individualnya.

Ketika bersama teman pastilah istilah canda merebak dimana-mana, mana ada komunikasi yang tidak disisipi canda selama kamu menjalin relasi dengan orang-orang disekitar. kecuali.. (sesuatu).

Canda membuat suasana menjadi riang dan santai, ada senyum dan tawa serta ikatan kasih sayang dan kedekatan seolah menyimpulkan tali-tali yang tak terlihat (dalam Islam ukhuwah islamiyah). Tapi.. sayangnya adikku pernah berujar.. aku termasuk orang yang kaku dan SERIUS.

Dan aku katakan.. ya, aku bangga jadi orang yang serius, karena aku memaknai serius adalah ketulusan, keikhlasan, dan perhatian.

saat aku tertawa bersama teman, aku serius (dengan setulusnya) tertawa dengan mereka, serius dalam canda, serta serius berteman dengannya. Ku ‘delete’ ke pura-pura’ an.

Sedangkan makna canda penuh dengan ambiguitas dan bisa dilihat dari para pelawak yang mungkin terpaksa terjun dalam sifat lawaknya (canda). Kalau ada hal-hal serius pasti komentar orang lain terhadapnya “masa sih, bisa? dia kan suka becanda. ah ga percaya.” pernah mengalami hal ini? mungkin anda termasuk orang yang lucu dan suka bercanda. (damai yaa? 🙂

Kata canda (sekaligus perbuatannya) kuletakkan setelah kata seriusm dia adalah kata pengikut bukan pemimpin dalam makna kataku (hidupku). karena kawan, canda juga bisa menjadi celah kebohongan, benar tidak? canda juga bisa menjadi dendam, canda yang berlebihan berujung pada pelecehan seseorang baik disadari atau tidak.

Serius memang maknanya disempitkan menjadi sesuatu yang kaku (apalagi kalau dalam pergaulan), serius itu kdang bisa didekatkan pada kemarahan, galak, dan sebagainya yang ‘nyeremin’. Sudah ter’labelling’ di otak kita, khususnya buat pelajar. bener ga?

Maknai kata Serius sebagai ketulusan , keikhlasan dan perhatian terhdapa sesuatu. luaskan saja maknanya dan sesuaikan dengan situasi dan kondisi.

karena aku serius (perhatian), dengan kalian.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s