(tanpa judul…)

kalian akan bilang apa jika dikatakan :

“kamu itu seperti humanoid sempurna, diprogram dengan baik dan benar, tapi ada satu hal yang kurang, tak bisa mengatakan cin*a. apalagi mengungkapkannya. Baca novel saja tidak bisa.. ah bukan tidak bisa, tidak paham bahasa manusia seperti kami. haahaa. usia sudah berapa? “

baca buku boleh saja, tapi jangan semua yang serius, filsafat, fiqh, sains. aduuh. baca teenlit atau novel. ngaku ?!belum pernah kan? ayat-ayat cin’a yang heboh itu aja ga dilirik, coba darwis tere liye, salim.A fillah, atau buku novel lain? pernah baca?   (hening) (ya, akan dicoba)

setelah itu kamu pasti akan bingung, saya yakin…. (sambil senyam senyum)”

~iya sih udah nyoba baca , ada yang bisa diambil, tapi ada yang …

masuk ke lambung pun tak bisa. (ya iyalah).  udah baca tuh tere liye. emang buat yang ga biasa baca novel (tapi novel filsafat dan teka-teki saya bisa aja tuh, huh) rasanya asing dan aneh di awal. (ini tulisan apa sih?). sulit dipahami alurnya.

dan saya paham, jika terbiasa denga alur sulit dan mendalam, lalu membaca buku ringan.. seolah kita harus memahaminya dengan membaca serius pula, katanya cukup baca dan nikmati saja dengan ringan…

tapi buku novel sejenistersebut…

membuat pertanyaan yang sulit dicari jawabannya sendiri. intinya kenapa orang mengenang perasaan melalui tulisan. bukankah menyakitkan.

saya jadi paham lagi, kenapa saya belum bagus dan kaku dalam cerpen..(mual kali kalau baca).

wah saya memang cuek, cuek sama rasa mejikuhibiniu. pantas! adik, kakak dan teman bilang saya humanoid…! (bodohnya sih, iya!). ya, seolah katanya saya diprogram hanya untuk mengajar, belajar, baca buku, mikiran bangsa..( mikirin hati? innalillahi). tapi saya diprogram lucu juga ko. masih bisa becanda dan ramah.

tapi…

terpaksa ingatan berkelebatan , kalu diingat-ingat kisah dapat surat, dikirim pesan. dideketin orang ya orang yang beda ‘fitur’ sama saya.

dapat surat , ga dibaca ditaruh aja dimana (baru sekarang ‘ngeh’ baca, maaf buat teman dan siapa lah itu). ya, (lagi-lagi baru sadar) saya sering dikirimi surat dari teman kelas. (tepatnya baru baca isi pesan)

dikirim pesan yang gombal bin gagal itu , saya balas saja dengan ayat Al Quraan atau “ga belajar?” atau ini teori baru?<–haha yg ini becanda. (jangan seperti adik saya yg ketawa. mohon tahan tawa)

kalau ada yg deket. ya, saya pergi aja. simpel..!

so, buat saya itu mengganggu dan ga jelas, ada manfaatnya ga? ah ya bener emang seperti humanoid (bukan!, mereka bilang cyborg!) yang mendeteksi ini manfaat atau bukan, kawan atau lawan. persis! robot..

karena saya sering tugas wawancara jadi saya ramah (diprogram ramah,ya iya robot juga tahu kalau ada perlu harus ramah)

tapi mereka heran kalau percakapan biasa, katanya saya ‘rigid’, balas dengan kata “ya”, “tidak”, atau “ada apa?”  (cek, buka pesan do sosmed, ternyata… (y) tapi kalau sudah dekat dan biasa, saya akan bisa bercanda dan ringan…

ya memang diawali dengan “oh, ternyata bisa…”

itulah teman.

maaf saja, saya sindrom meangkat telepon, siapapun itu, bahkan dosen sekalipun, saya ga berani angkat ( rekor, saya adalah orang yang ga bisa angkat telepon apalagi dari orang yg beda ‘fitur’ sama saya . rigid memang)

Hari ini saya diminta memahami diri sendiri, saya paham, apakah ini salah? toh ada teman juga sama seperti saya. ya.. ya dia memang jurusan matematika, saya dan dia wanita yang ga pernah bilang ‘sa*ang’ meski ke wanita juga. apalagi segala yang sifatnya mepet hal-hal itu.. (maaf saja, aneh dan.. ya, ga biasa).

sekali lagi temanku ambil nafas panjang dan bilang “sampai kapan?”

saya tidak tahu …

berdoa saja pada Allah agar menambahkan ‘program’ itu pada saya

tapi alhamdulillah masih ‘diprogram’ rasa sedih, marah,  malu, bingung, dsb. sama Allah.. bersyukur aja. cyborg

lagi, bersamaan…, “dasarr… persis kungfu cyborg!” (he …. )

!@#$%^&*(())_+

 

 

 

Iklan

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s