Bahasa Arab

Menguraikan bahasa arab, bagai menguraikan keutamaan bahasa. Belajar bahasa Arab khususnya bagi seorang Muslim akan mengeluarkan ‘gempa’ berkekuatan ilahi.

Denag belajar bahasa arab secara tidak langsung belajar tentang Islam dan Al Quraan. Subhanllah nikmatnya. Jujur saya belum pernah mengenal bahasa arab sebelum dikampus, kecuali hanya sekedar mengaji, bukan dari segi linguistiknya.

ya, saya mengalami kesulitan dalam kebersamaan dengan bahasa arab ini. alasan saya dari sekolah umum,bukan sebuah takdir ‘penghalang’ dan alibi. Namun, bahasa arab ini seolah takdir pamungkas saya. Dengannya saya mengambil hikmah yang tercecer dengan bahasa lainnya yang ada di dunia.

Bahkan dengan ilmu lainnya. seolah bahasa adalah penyambung dan ‘kunci ilmu’ apalagi wawasan.

Sulitnya bahasa arab dari kata ganti yang berjumalh sampai 16 itu, dalam sharaf serta mengajarkan ketelitian, tak jauh beda dari kerja di laboratorium kimia, yang kesalah sedikit saja, akan mengubah makna. Subhanllah.

bahasa arab fusha adalah bahsa arab yang mendekati bahasa Al Quraan, hati-hati dengan bahsa amiyah, karena ia adalah bahasa yang dibuat untuk mengacaukan bahasa arab asli. (berdasarkan pendapat para lingustik)

Ya, ambil manfaat dan hikmahnya.
Semua ilmu memang istimewa.

kenapa saya memilih bahasa arab padahal saya sangat menyenangi MIPA, dan memang dari jurusan IPA. jawabannya hanya karena mendengar surat ar-rahmaa, tergelitik rasa hingga ke langit.

Inilah jalan hidup saya, ya dengan bahasa arab. bukan hanya, tapi surat ar rahmaan yang saya dengarkan saat itu mengubah dan mencengangka orang disekitar saya karena, alasan saya ‘aneh’ karena ar rahmaan saya seolah ingin sekali mengungkap Al Quraan.

kenapa? karena suatu hari saya ingin memahami Al Quraan dengan sebenar-benar pendengaran , pemahaman, dan pengamalan.

Betapa nikmatnya, membaca Al Quraan, langsung mengetahui apa yang dikatakannya. Ibarat ada oarang yang melontarkan perasaanya dalam bahasa asing, namun kau tak menegerti. Saat tanpa menterjemah kau sudah mengerti maka….

yang terjadi adalah harmoni…

Perjuangan belum berakhir…
Isttiqomah dalam belajar yang berkarakter itu sulit, tapi bisa.BHS ARAB

Tinggalkan Balasan

