Sebaiknya tahu : Malaysia.

12 oktober 2013

memahat memori, bahwa tanggal ini timnas U19 menang melawan korea. #sujudsyukur.

Tapi bukan timnas sih bahasannya, karena terinspirasi dari bully membully negara yang sepertinya bukan budaya orang Indonesia asli. contohnya saya ambil dari sosmed : “kalau waktu istirahaat indonesia atur strategi, kalau korea atur poni” hadeuh. dan masih banyak lagi yang kereatip, kalau begini kreatif bangets. hmm -__- (semoga ga kebawa yang beginian ya, bukan membela negara lain, tapi ini bisa jadi bumerang dan citra buruk bahwa kita itu negara pembully dan besar mulut lho. ingat kita masih negara konsumtif, dan pada pakai samsung kan? *cung, meski ga suka boys band, kalau lihat samsung lupa deh, tu dari mana?)

Jadi sebelum indonesia ditakdirkan lagi bertemu malaysia di pertandingan bola, sedikit share tentang negara tetangga kita itu. (saya sempat tinggal cukup lama disana ketika mengikuti program ASEAN Eco Leader) semoga bisa mengurangi dan hilanglah sifat membully ke negara lain ya..
budayakan cek n ricek sob! (tabayaun bhs arabnya <– maklum jurusan bhs.arab)

Sob, kita mungkin sebel banget sama kasus "kesamaan" atau plagiat budaya antara malaysia dengan indonesia. sob, saya pun kaget disana pun mereka ada wayang berikut pagelarannya, ada kebaya, dan beberapa kesamaan lain sob.

Kami pun dari delegasi Indonesia sempat "menggerutu". bahkan sampai teman kami dari negara lain bilang malaysia dan indonesia sama ya?- hmmm..

namun, betapa mencelos (terdiam) nya saya ketika teman kami dari malaysia bercerita tentang keluarga, ternyata!!

1. sebagian besar mereka berdarah INDONESIA sob!
ada yang kakeknya, ada yang ayahnya, ibunya, eyangnya, pamannya.
coba gimana ga sama budayaya, lah wong orang indonesia kok! paham tak? jadi leluhur orang malaysia itu ya indonesia juga sob! piye toh, mereka bisa bahasa jawa, wong dari surabaya. kalau dipikir wajar juga mungkin indonesia sudah terlalu banyak penduduknya, dan ketika ada kasus cinlok, jadi deh.. (ga tau apaan)

2. banyak TKI yang bekerja di malaysia.
sob, kalau kalain mau ke malaysia, mungkin banyak yang mengira, mau jadi TKI ya? coba aja. hehe. dan ketika disana pun saya menemui banyak orang Indonesia yang buka toko, bahkan jadi juru masak di universitas tempat kami tinggal selama program ASEAN eco leader. jadi balik lagi deh, selain leluhur, TKI juga berpengaruh terhadap asimilasi budaya Indonesia di malaysia. coba orang jawa ynag kangen nyinden jadilah tuh.. buka pagelaran disana. hehe*ngasal.

3. meski sama tapi beda, serupa tapi tak sama (banget)
emang sih sama secara bentuk, tapi kala diruntut secara makna berbeda sob. contohnya wayang, mereka punya wayang dan emang udah lama juga, dari segi bentuk dan ciri khas beda, kisah yang dibawakannya pun beda. meski ada sih yang sama banget.

4. katanya malaysia itu "galak" sama indonesia.
saya tahu kasus sebelumnya jadi kenangan pahit, emang sih sob teman saya waktu sampai di indo, dibentak gitu sama petugas bandara, dia dari makasar dan sempet sebel gitu. mungkin dikiranya TKI. tapi itu di sub bandara. saya alhamdulillah ga mengalami, karena saya di KLIA, bandara kecenya itu (baca : pusat). dan fine aja.

5. sinetron terkenal banget di malaysia.
hampir semua teman malaysia selalu tanya dan memuji sinetron indonesia, malah ada yang "addict" juga. prestasi nih. *eh. mereka paham bahasa kita, tapi ga bisa balikin aja. (feed back)

6. Malaysa itu terdiri dari tiga rumpun besar yakni : malay, china, dan india. jadi budaya mereka ya seperti itu, nuansanya. kalau kita kan. indonesia asli. terus baju nasionalnya namanya baju kurung (untuk wanita) seperti baju di sumatera.

7. malaysia itu negara islam.
jika di indonesia hanya menayangkan adzan shubuh dan maghrib, disana lima waktu adzan ditayangkan di tv sob!dan memang berkerudung itu sangat dominan disana bagi yang muslim, macam aceh saja. (brunai pun sama) dan tambahan malayisa memiliki 14 negara bagian (saya lupa nyebutnya apa, empat belas ini digambarkan dibendera malayisa yang garis merah putih itu sebanyak 14 garis) seperti provinsi. dan masing-masing punya bendera sendiri loh. kalau di kita disangkanya mau merdeka, kalau punya bendera sendiri.
hari kemerdekaanya 31 agustis, tapi ada lagi semacam malaysian day di bulan september.

sebenarnya banyak yang mau dishare, khawtir pada tidur di depan laptop lagi.. haha.twn tower

sekedar info tambahan sob! sebenarnya negara ASEAN itu memiliki kebudayaan yang hampir sama, contoh dari 10 negara ASEAN, kesamaan kita adalah layang-layang sob! malaysia nyebutnya “wau” tapi bentuknya mereka khas, malah bentuk layang-layang kita miripnya sama myanmar. nah loh, mau bilang myanmar plagiat?

dan dari 10 negara masing-masing ada peluang kesamaanya, bisa ko pakai rumus matematika. hehe. bahkan masing-masing ada negara pasangan, artinya budayanya salaing memepengaruhi atau mirip. contoh malaysia indonesia , malaysia brunai, thailand-laos, vietnam-myanmar, dsb. bahkan bisa berulang dengan kita. belum lagi bahasa di thailan sama loh nyebut petani cuma meraka pattani.

sepertinya harus ada peneltian tentang hal ini, dan ga mudah di adu domba sob! harus kita sadari sob, setiap negara masih mau menjajah dan jadi nomor satu. masa ga sadar? jadi kuatkan dulu budaya timur kita? msaa ga sdar kenapa ada europe union, ada persatuan ini itu…

semua itu karena KOMPETISI.
wah jadi serius, ok gelorakan semangat komptisi cerdas dan sportif ya! biar kece gitu.

salam! semoga bermanfaat.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s